Informasi / Berita
Oleh Administrator · 23 Jul 2024
Kegiatan Desk Layanan Notifikasi dan DIP Kosmetik di Medan
Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelaku usaha kosmetik terkait regulasi, prosedur pengajuan Notifikasi Kosmetik, penyiapan Dokumen Informasi Produk (DIP) dan tindak lanjut hasil audit DIP, dilaksanakan kegiatan Desk Layanan Notifikasi dan DIP Kosmetik di Balai Besar POM di Medan pada tanggal 23-24 Juli 2024. Kegiatan yang dilaksankan terdiri dari sosialisasi notifikasi kosmetik dan tata cara penyusunan DIP kosmetik serta desk layanan konsultasi.
Dalam kegiatan ini, pelaku usaha diberi pembekalan materi berupa penjelasan
kategori kosmetik, tata cara pengajuan notifikasi kosmetik, jenis pengajuan
notifikasi kosmetik, biaya notifikasi kosmetik, ketentuan penyusunan DIP, dan
audit DIP. Secara umum pelaku usaha aktif berdiskusi mengenai proses pengajuan
notifikasi produk kosmetik, ekspor kosmetik, penyusunan data mutu bahan
kosmetik (spesifikasi, metode analisa, dan sertifikat analisa), dan pemeriksaan
cemaran dalam kosmetik.
Pada Desk Layanan Notifikasi Kosmetik terdapat
layanan: Verifikasi dan update badan usaha; Verifikasi produk konfirmasi; Verifikasi
produk pembaharuan; Verifikasi produk baru; dan Konsultasi. Sedangkan pada Desk
Layanan Pendampingan DIP Kosmetik meliputi untuk Pelaku usaha baru yang belum
memiliki produk ternotifikasi; dan Pelaku usaha yang sudah memiliki produk
ternotifikasi. Layanan desk dilakukan secara luring dan daring.
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memudahkan pelaku usaha di daerah dalam
melakukan pengurusan izin edar kosmetik, memetakan permasalahan/kendala yang
dialami oleh pelaku usaha, menyiapkan DIP sebagai syarat notifikasi produk,
serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada sehingga dihasilkan
kosmetik yang aman, bermanfaat, dan bermutu.(Randi HP)
Direktorat Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik melakukan lagi rangkaian acara desk konsultasi dan bimbingan teknis untuk menambah pengetahuan pelaku usaha kosmetik. Acara bertajuk KOLABORASI, Konsultasi Layanan dan Bimbingan Dokumen Informasi Produk dan Notifikasi Kosmetik ini diadakan di Surabaya pada 7 November 2024. Untuk kegiatan webinar dipaparkan materi antara lain: 1. Tips & Trik Notifikasi Kosmetik, 2. Tips & Trik Penyusunan Dokumen Informasi Produk Kosmetik, 3. Perhitungan Margin of Safety (MoS) dalam Safety Assessment Kosmetik
16 Jan 2023
Mental models are simple expressions of complex processes or relationships.
Direktorat Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Cara Uji Klinik yang Baik (Bimtek CUKB). Kegiatan ini diadakan dalam rangka meningkatkan kompetensi peneliti, sponsor, dan ORK (Organisasi Riset Kontrak) dalam melakukan uji klinik yang sesuai dengan standar GCP (Good Clinical Practice). Kegiatan berlangsung selama 3 hari pada 29-31 Oktober 2024 yang diikuti oleh perwakilan pelaku usaha dan peneliti, asosiasi, Kementerian/Lembaga (K/L), perguruan tinggi, serta perusahaan/industri terkait uji klinik obat bahan alam.
16 Jan 2023
Mental models are simple expressions of complex processes or relationships.
Direktorat Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Industri Kosmetik dalam Penjaminan Keamanan dan Mutu Kosmetik yang diselenggarakan oleh Balai POM di Tangerang Pelaku usaha yang mengikuti kegiatan berjumlah sekitar 55 perusahaan dengan lokasi sarana di daerah Jabodetabek
16 Jan 2023
Mental models are simple expressions of complex processes or relationships.
Pengunjung Hari Ini
Total Pengunjung Tahun 2024
© 2024 Direktorat Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM RI. All rights reserved.