Informasi / Berita
Oleh Administrator · 28 May 2024
Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelaku usaha kosmetik terkait regulasi, prosedur pengajuan Notifikasi Kosmetik, penyiapan Dokumen Informasi Produk (DIP) dan tindak lanjut hasil audit DIP, dilaksanakan kegiatan Desk Layanan Notifikasi dan DIP Kosmetik di Balai Besar POM di Makassar pada tanggal 28-29 Mei 2024. Kegiatan yang dilaksankan terdiri dari sosialisasi notifikasi kosmetik dan tata cara penyusunan DIP kosmetik serta desk layanan konsultasi.
Dalam kegiatan
ini, pelaku usaha diberi pembekalan materi berupa penjelasan kategori kosmetik,
tata cara pengajuan notifikasi kosmetik, jenis pengajuan notifikasi kosmetik,
biaya notifikasi kosmetik, ketentuan penyusunan DIP, dan audit DIP. Secara umum
pelaku usaha aktif berdiskusi mengenai proses pengajuan notifikasi produk
kosmetik, ekspor kosmetik, penyusunan data mutu bahan kosmetik (spesifikasi,
metode analisa, dan sertifikat analisa), dan pemeriksaan cemaran dalam
kosmetik.
Pada Desk
Layanan Notifikasi Kosmetik jumlah berkas yang berhasil diproses adalah: 1)
Verifikasi badan usaha 10 berkas; 2) Update badan usaha 3 berkas; 3) Produk
konfirmasi 15 berkas; 4) Produk baru 4 berkas; dan 5) Konsultasi 9 berkas.
Jumlah pelaku usaha yang dilakukan Desk Pendampingan DIP Kosmetik meliputi 1)
Pelaku usaha baru yang belum memiliki produk ternotifikasi sebanyak 13 pelaku
usaha; dan 2) Pelaku usaha yang sudah memiliki produk ternotifikasi sebanyak 22
pelaku usaha.
Melalui kegiatan
ini diharapkan dapat memudahkan pelaku usaha di daerah dalam melakukan
pengurusan izin edar kosmetik, memetakan permasalahan/kendala yang dialami oleh
pelaku usaha, menyiapkan DIP sebagai syarat notifikasi produk, serta memberikan
solusi terhadap permasalahan yang ada sehingga dihasilkan kosmetik yang aman,
bermanfaat, dan bermutu. (Henny P dan Randi Hari P)
Direktorat Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik melakukan lagi rangkaian acara desk konsultasi dan bimbingan teknis untuk menambah pengetahuan pelaku usaha kosmetik. Acara bertajuk KOLABORASI, Konsultasi Layanan dan Bimbingan Dokumen Informasi Produk dan Notifikasi Kosmetik ini diadakan di Surabaya pada 7 November 2024. Untuk kegiatan webinar dipaparkan materi antara lain: 1. Tips & Trik Notifikasi Kosmetik, 2. Tips & Trik Penyusunan Dokumen Informasi Produk Kosmetik, 3. Perhitungan Margin of Safety (MoS) dalam Safety Assessment Kosmetik
16 Jan 2023
Mental models are simple expressions of complex processes or relationships.
Direktorat Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik melakukan lagi rangkaian acara desk konsultasi dan bimbingan teknis untuk menambah pengetahuan pelaku usaha kosmetik. Acara bertajuk KOLABORASI, Konsultasi Layanan dan Bimbingan Dokumen Informasi Produk dan Notifikasi Kosmetik ini diadakan di Surabaya pada 7 November 2024. Untuk kegiatan webinar dipaparkan materi antara lain: 1. Tips & Trik Notifikasi Kosmetik, 2. Tips & Trik Penyusunan Dokumen Informasi Produk Kosmetik, 3. Perhitungan Margin of Safety (MoS) dalam Safety Assessment Kosmetik
16 Jan 2023
Mental models are simple expressions of complex processes or relationships.
Direktorat Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Cara Uji Klinik yang Baik (Bimtek CUKB). Kegiatan ini diadakan dalam rangka meningkatkan kompetensi peneliti, sponsor, dan ORK (Organisasi Riset Kontrak) dalam melakukan uji klinik yang sesuai dengan standar GCP (Good Clinical Practice). Kegiatan berlangsung selama 3 hari pada 29-31 Oktober 2024 yang diikuti oleh perwakilan pelaku usaha dan peneliti, asosiasi, Kementerian/Lembaga (K/L), perguruan tinggi, serta perusahaan/industri terkait uji klinik obat bahan alam.
16 Jan 2023
Mental models are simple expressions of complex processes or relationships.
Pengunjung Hari Ini
Total Pengunjung Tahun 2025
© 2025 Direktorat Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM RI. All rights reserved.