ProAKSI BERPADU (Program Akselerasi Bersama, Registrasi dan Pendampingan Terpadu), merupakan suatu inovasi untuk menjangkau langsung pelaku usaha dan peneliti dengan 3 program: percepatan registrasi dan notifikasi, peningkatan pemahaman stakeholder dan digitalisasi-media informasi. Pendekatan “Jangkau Langsung”, diharapkan mempercepat penerbitan izin edar, meningkatkan pemahaman regulasi dan kepatuhan stakeholder, membuka akses pasar bagi pelaku usaha yang berdampak untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
Setiap elemen dalam logo memiliki arti dan filosofi yang mendalam, mencerminkan nilai-nilai dan visi organisasi.
Menggambarkan di internal yang saling berkolaborasi dan bersinergi. Sedangkan di eksternal mewakili usaha penyelenggara untuk melakukan outreach terarah dan menyambut pelaku usaha, peneliti, kementerian, dan instansi
Vokal menghubungkan konsonan dalam kata, sehingga penekanan pada vokal melambangkan keterhubungan, kolaborasi, dan komunikasi yang lancar.
Mencerminkan kemajuan dan pertumbuhan, program ini terus melangkah untuk meraih pencapaian yang lebih tinggi.
Menyimbolkan percepatan proses yang dilakukan bagi pelaku usaha, peneliti, kementerian, dan instansi.
Mewakili 3 program besar yang ada di dalamnya, serta 3 komoditas utama: obat bahan alam, suplemen kesehatan, dan kosmetik. Serta mewakili harapan yang akan berdampak baik bagi semuanya.
Mewakili profesionalitas dan inovatif, dengan ujung sedikit rounded menggambarkan keramahan dan lebih humanis untuk program pelayanan publik.
Gradasi warna yang berkesinambungan menggambarkan komitmen untuk memberikan pelayanan yang konsisten dan berkelanjutan.
Transformasi pelayanan publik BPOM untuk mempercepat registrasi dan memperkuat kolaborasi.
Upaya strategis untuk mempercepat penerbitan izin edar dengan menjaga mutu, keamanan, dan manfaat produk bagi masyarakat.
Program pelatihan, pendampingan, dan bimbingan teknis untuk meningkatkan kompetensi pelaku usaha, peneliti, dan regulator.
Di era digital yang mempercepat proses pertukaran informasi, seluruh layanan telah diperkuat dengan media informasi yang mudah diakses seperti podcast, infografis, dan live IG sehingga informasi bisa diperoleh kapan saja dan di mana saja.
Inovasi Pelayanan Publik - Direktorat Registrasi OT, SK, dan Kosmetik
responden merasakanpeningkatan efisiensi proses
responden merasakanpeningkatan pengembangan produk
responden merasakanpeningkatan penjualan
responden merasakanpeningkatan laba
Estimasi Penghematan
per responden per tahun
Total agregat: Rp 6,4 miliar - 1,27 miliar per tahun
| 1-10 | 73.9% |
| 11-20 | 9.8% |
| 21-30 | 4.2% |
| 31-50 | 4.2% |
| 51-100 | 4.2% |
| >100 | 3.8% |
| < 10 | 44% |
| 10-30 % | 44.5% |
| 31-50 % | 9% |
| > 50 | 2.5% |
| < 10 % | 46.1% |
| 10-30 % | 44.4% |
| 31-50 % | 8.9% |
| > 50 % | 0.6% |
| Provinsi menjadi Nasional | 56% |
| Nasional menjadi Ekspor | 16.6% |
| Kota/Kab menjadi Provinsi | 16.6% |
| Perluasan Ekspor | 10.9% |
| Mikro menjadi Kecil | 43.6% |
| Kecil menjadi Menengah | 30.1% |
| Menengah menjadi Besar | 26.3% |
| 1-5 orang | 43.6% |
| 6-10 orang | 30.1% |
| 11-50 orang | 20.3% |
| 51-100 orang | 3.8% |
| > 100 orang | 2.3% |
| Industri Kosmetik Gol B menjadi Gol A | 12.1% |
| SPA CPKB menjadi CPKB | 26.2% |
| Lainnya | 29% |
| CPOTB Bertahap menjadi Full Aspect | 32.7% |
© 2025 Direktorat Registrasi Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM RI. All rights reserved.